Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Inquiry dan Structured Inquiry terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Scientific Skill Materi Sistem Pencernaan pada Siswa SMA Kelas XI IPA

Rahayu, Nanik (2016) Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Inquiry dan Structured Inquiry terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Scientific Skill Materi Sistem Pencernaan pada Siswa SMA Kelas XI IPA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nanik-rahayu-11708251047.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran dengan pendekatan guided inquiry dan structured inquiry terhadap (1) kemampuan penguasaan konsep dan (2) scientific skill siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan pretest posttest comparison group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah enam kelas. Sampel penelitian ini adalah dua kelas XI IPA yang diambil secara acak, satu kelas dikenai pembelajaran dengan pendekatan guided inquiry untuk kelas XI IPA 3 dan 1 kelas lagi dikenai pembelajaran dengan pendekatan structured inquiry untuk kelas XI IPA 2. Data yang dikumpulkan berupa nilai penguasaan konsep dan keterampilan scientific skill siswa. Nilai penguasaan konsep diperoleh dengan menggunakan soal pilihan ganda, sedangkan keterampilan scientific skill siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan Uji t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut . (1) Pembelajaran dengan guided inquiry dapat meningkatkan penguasaan konsep dan scientific skill siswa. Nilai rerata kelas guided inquiry untuk penguasaan konsep dari 59,91 menjadi 77,73, sedangkan rerata scientific skill untuk kelas guided inquiry adalah 69,36. Uji hipotesis menunjukkan nilai p < 0,05 . Nilai rerata kelas structured inquiry untuk penguasaan konsep dari 57,89 menjadi 71,82, sedangkan rerata scientific skill adalah 66,19 . Uji hipotesis menunjukkan p < 0,05. Hasil Uji t untuk kemampuan scientific skill siswa pada kelas guided inquiry dan structured inquiry menunjukkan nilai p < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Nilai N-Gain kemampuan penguasaan konsep siswa pada kelas guided inquiry adalah 0,47 sedangkan pada kelas structured inquiry adalah 0,31 sehingga dapat dikatakan bahwa pendekatan guided inquiry efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan guided inquiry, pendekatan structured inquiry, penguasaan konsep, keterampilan scientific skill
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Aug 2016 01:56
Last Modified: 09 May 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38860

Actions (login required)

View Item View Item