PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP KELAS VII SUB TEMA HASIL KEBUDAYAAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA LALU

Prastyo, Denny (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP KELAS VII SUB TEMA HASIL KEBUDAYAAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA LALU. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241036.swf

Download (15MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengembangan multimedia pembelajaran IPS sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VII sub tema hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa lalu, 2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran IPS sebagai sumber belajar IPS berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS, dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalasan. Uji coba dilakukan pada tanggal 23 Maret sampai 4 April 2016. Teknik pengumpulan data berupa angket validasi untuk ahli materi, ahli media, dan guru IPS, serta angket tanggapan siswa. Data mengenai validasi ahli dan tanggapan siswa dengan bentuk skala likert untuk menentukan kategori kelayakan multimedia pembelajaran IPS sebagai sumber belajar IPS. Multimedia pembelajaran IPS sebagai sumber belajar IPS dianggap layak untuk digunakan apabila validasi ahli materi, ahli media, guru IPS, dan uji coba pemakaian oleh siswa memperoleh kategori rerata skor minimum “baik”. Hasil penelitian menunjukkan 1) tahap pengembangan multimedia pembelajaran IPS sebagai sumber belajar IPS SMP sub tema hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa lalu meliputi pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, dan evaluasi produk, 2) multimedia pembelajaran IPS sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VII sub tema hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa lalu hasil pengembangan layak digunakan berdasarkan, a) hasil validasi ahli materi dengan skor 3,85 atau kategori baik, b) validasi ahli media dengan skor 3,85 atau kategori baik, c) validasi oleh guru IPS dengan skor 4,73 atau kategori sangat baik, dan tanggapan siswa pada uji coba lapangan dengan rata-rata skor 4,50 atau kategori sangat baik. Kata kunci: multimedia pembelajaran IPS, sumber belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 05 Aug 2016 00:48
Last Modified: 05 Aug 2016 00:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38854

Actions (login required)

View Item View Item