Computer Assisted Learning Menggunakan Software Open Source R: Past, Present and Future

Rosadi, Dedi (2015) Computer Assisted Learning Menggunakan Software Open Source R: Past, Present and Future. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015, Yogyakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text
Utama-1.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Dalam metodologi pembelajaran computer assisted learning (CAL), proses belajar mengajar dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer atau secara lebih luas, fasilitas teknologi informasi (lihat missal Henri-Paul, 2010). Dalam tulisan ini di bahas metodologi CAL untuk pembelajaran Statistika dan Matematika dengan bantuan software-software yang bersifat Freeware dan/atau Open Source. Diberikan pula best-practices pemanfaatan metode ini dimasa dulu dan sekarang dalam proses belajar mengajar di lingkungan Program Studi Statistika UGM menggunakan software open source R (R Development Core Team, 2015), dan secara lebih khusus menggunakan paket RCmdrplugin.Econometrics (Rosadi, 2010, 2011) atau perluasannya, RCmdrplugin.SPSS, sebagai pengembangan terbaru tool komputasi statistika (lihat Rosadi, 2015; Rosadi, Mustofa dan Perdana, 2015; Rosadi, Arisanty, Kartikasari, 2015). Beberapa topik yang akan di bahas seperti Program linear dan optimisasi portfolio, peramalan data runtun waktu dengan model ARIMA secara otomatik dan analisa data saham secara online. Dalam tulisan ini, diberikan pula contoh kasus pengajaran statistika menggunakan R untuk keperluan big data analytics yang akan menjadi salah satu trend utama dalam pengajaran statistika dimasa mendatang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Keynote)
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Administrator
Date Deposited: 04 Aug 2016 15:01
Last Modified: 14 Oct 2019 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38848

Actions (login required)

View Item View Item