Penerapan Metode Among dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Pengembangan Budi Pekerti di SMK Tamansiswa Yogyakarta

Istianah, Anif (2016) Penerapan Metode Among dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Pengembangan Budi Pekerti di SMK Tamansiswa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anif-istianah-14730251007.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) penerapan metode among dalam pembelajaran PKn, (2) manfaat penerapan metode among dalam pembelajaran PKn, dan (3) hambatan dan upaya yang dihadapi guru/pamong dalam pembelajaran PKn sebagai upaya mengembangkan pendidikan budi pekerti peserta didik di SMK Tamansiswa Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah ketua yayasan Tamansiswa Cabang Jetis Yogyakarta, kepala sekolah, guru PKn, guru Ketamansiswaan, guru BK, dan peserta didik di SMK Tamansiswa Yogyakarta. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan mengikuti interactive model dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Metode among diterapkan pada seluruh mata pelajaran dan salah satunya mata pelajaran PKn. Penerapan metode among sebagai upaya pengembangan budi pekerti yakni, mendidik peserta didik untuk menjadi manusia yang merdeka batinnya, pikirannya, dan tenaganya. Tugas pendidik menjadi teladan, model, dan mentor bagi peserta didik dalam mewujudkan perilaku yang bermoral, yang meliputi: olah pikir (pengetahuan), olah hati (merasakan), dan olah rasa (melakukan). (2) Manfaat penerapan metode among sebagai upaya mengembangkan pendidikan budi pekerti direalisasikan dengan cara: pengajaran yang menarik, pembiasaan, keteladanan, ketertiban, kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, dan sopan santun. Pelaksanaannya melalui perilaku peserta didik agar mampu untuk mengetahui, memahami, dan melakukan nilai-nilai budi pekerti. (3) Hambatan yang dihadapi berasal dari keluarga, pengaruh buruk dari lingkungan, dan kepribadian peserta didik. Upaya mengatasi hambatan dengan diberlakunnya tata tertib sekolah, dipasangnya poster kata-kata bijak, dibuatnya buku tata tertib, sosialisasi pendidikan budi pekerti, pembelajaran Ketamansiswaan, pembelajaran yang menarik, pelayanan guru BK, pembiasaan menerapkan nilai-nilai positif, dan keteladanan dari kepala sekolah dan guru di SMK Tamansiswa Yogyakarta

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode among, pembelajaran PKn dan pendidikan budi pekerti.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2016 09:11
Last Modified: 09 May 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38847

Actions (login required)

View Item View Item