Karakteristik dan Penyetaraan Soal Try Out Teori Kejuruan Akuntansi SMK Buatan MGMP Kabupaten Sleman

Purnama, Dian Normalitasari (2016) Karakteristik dan Penyetaraan Soal Try Out Teori Kejuruan Akuntansi SMK Buatan MGMP Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-normalitasari-purnama-14701251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui karakteristik butir soal ujian try out teori kejuruan akuntansi berdasarkan pendekatan Teori Respons Butir, dan (2) menentukan persamaan penyetaraan horisontal perangkat tes try out teori kejuruan akuntansi. Penelitian ini mnggunakan dua paket soal try out teori kejuruan akuntansi SMK buatan MGMP Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data diperoleh dari lembar jawaban siswa yang memperoleh soal paket A dan paket B sebanyak 650 lembar jawab. Sampel diambil dengan teknik stratified random sampling. Karakteristik soal dilihat dari analisis kualitatif berdasarkan hasil telaah ahli pada aspek materi, konstruksi dan bahasa. Analisis kuantitatif menggunakan model 2PL untuk melihat daya pembeda dan tingkat kesukaran soal dengan pendekatan teori respons butir menggunakan program Bilog versi 3.0. Penyetaraan dilakukan dengan metode Rerata/Sigma dan metode Rerata/Rerata. Akurasi hasil penyetaraan masing-masing metode dilihat dari nilai Root Mean Square Different (RMSD) yang terkecil. Hasil analisis secara kualitatif menunjukkan bahwa karakteristik soal ditinjau dari aspek materi, konstruksi dan bahasa baik soal paket A dan soal paket B memiliki 37 butir soal yang baik dan 3 butir soal yang kurang baik. Hasil analisis secara kuantitaif menunjukkan bahwa karakteristik soal paket A memiliki jumlah soal dengan karakteristik yang baik sebanyak 27 soal. Paket B memiliki jumlah soal dengan karakteristik yang baik 24 soal. Hasil dari penyetaraan soal menggunakan metode Rerata&Sigma menghasilkan persamaan penyetaraan b_2^* = 1,168bx + 0,270, pada metode Rerata&Rerata menghasilkan persamaan penyetaraan b_2^* = 0,997bx - 0,250. RMSD pada metode rerata-rerata lebih kecil daripada metode rerata-sigma. Pada metode rerata-rerata menghasilkan RMSD sebesar 0,250 sedangkan pada metode rerata-sigma sebesar 0,320, sehingga dapat dikatakan bahwa metode rerata-rerata lebih akurat apabila dibandingkan metode rerata sigma

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakteristik soal teori kejuruan akuntansi SMK, penyetaraan horisontal, teori respons butir
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2016 09:01
Last Modified: 21 Jun 2022 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38846

Actions (login required)

View Item View Item