LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI 2 JULI - 17 SEPTEMBER 2014

Hariyawan Candra Nugraha, Hariyawan Candra Nugraha (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI 2 JULI - 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HARIYAWAN C. 11403244059 PEND.AKUNTANSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan atau menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga pendidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Metodologi Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Pengajaran Mikro, dan PPL. PPL adalah kegiatan latihan kependidikan yang bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai tenaga kependidikan yang professional sesuai dengan tugas dan misi universitas. Lokasi praktikan melaksanakan PPL adalah di SMK Muhammadiyah Wonosari yang beralamatkan di Jl. Alunalun Barat No.11, Wonosari, Kepek, Gunungkidul, 55813. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Selain itu praktik mengajar juga bertujuan untuk menciptakan calon-calon pendidik yang profesional sesuai dengan bidangnya. Praktik mengajar berperan dalam memberi bekal bagi penulis dalam dunia pendidikan pada umumnya dan sebagai guru pada khususnya. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 02 Juli s.d. 17 September 2014. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas X Akuntansi 1 dengan Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Keuangan dan Dasar-dasar Perbankan dengan rencana alokasi waktu adalah 24 Jam dengan masing-masing jamnya adalah sebanyak 45 menit. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP) sesuai dengan format kurikulum 2013. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan diskusi, demonstrasi, penugasan, latihan soal, dan kerja kelompok. Sedangkan media yang digunakan adalah latihan soal, papan tulis, spidol, lembar kerja dan mengadakan post test untuk mengetahui kemapuan siswa dalam menyerap materi pelajaran. Kegiatan praktik mengajar dilakukan di kelas X Akuntansi 1. Dari waktu yang diberikan praktikan dapat mengajar sebanyak 8 kali tatap muka. Mata Pelajaran yang dapat diajarkan adalah Pengantar Akuntansi Keuangan dan Dasar-dasar Perbankan. Adapun materi pokok yang diampu pada kelas X Akuntansi 1 pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi Keuangan adalah hakikat akuntansi, pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi, dan bidang-bidang spesialisasi akuntansi. Materi pokok yang diampu pada mata pelajaran Dasar-dasar Perbankan adalah hakikat bank dan badan hukum, kerahasiaan, dan sumber-sumber dana bank. Alokasi waktu untuk mata pelajaran Pengantar Akuntansi Keuangan tiap pertemuannya adalah 2 x 45 menit dan untuk Dasar-dasar Perbankan alokasi waktu 3 x 45 menit per pertemuan. Pada pelaksanaan PPL praktikan juga mendapat kesempatan untuk belajar membuat perangkat pembelajaran. Praktikan merasa bahwa dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini mendapat banyak pengalaman tentang dunia kependidikan secara lebih dekat. Program kerja yang dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan lancar. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, Rencana Pokok Pembelajaran, proses belajar mengajar hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan. Adapun saran dari penyusunan agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan, sehingga untuk mahasiswa angkatan selanjutnya dapat memahami dan lebih rajin mempelajari tentang ilmu-ilmu kependidikan supaya kegiatan PPL untuk tahun berikutnya berlangsung lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38823

Actions (login required)

View Item View Item