Pengaruh Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir dan Aspek Psikomotorik pada Mata Pelajaran KKPI Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Ende

Sii, Petrus (2016) Pengaruh Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir dan Aspek Psikomotorik pada Mata Pelajaran KKPI Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Ende. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-petrus-sii-14702251062.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap: (1) kemampuan berpikir dan (2) kemampuan psikomotorik siswa SMK Negeri 1 Ende pada mata pelajaran KKPI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan penekanan pada posttest-only control group design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Ende dengan sampel penelitian diambil dari kelas X (B) dan X (C) yang ditentukan dengan teknik Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui kemampuan berpikir dan keterampilan siswa dengan dua model pembelajaran. Validasi instrumen dihitung dengan menggunakan analisis faktor dan realibilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach’s Alpha. Uji homogenitas menggunakan Levene Test, uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, sedangkan uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kemampuan berpikir dan keterampilan siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuri lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir dan keterampilan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata pada kelompok inkuiri untuk kemampuan berpikir sebesar 78,81, sedangkan pada kelompok konvensional sebesar 70,69. Nilai rata-rata keterampilan pada kelompok inkuiri sebesar 83,78, sedangkan pada kelompok konvensional sebesar 70,48. (2) Model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir dan keterampilan siswa dengan Z untuk kemampuan berpikir -3,88 pada taraf signifikansi 0.000 < 0.05, sedangkan nilai keterampilan -4,79 pada taraf signifikansi 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran KKPI lebih efektif dan memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir dan aspek psikomotorik pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuiri, kemampuan berpikir, aspek psikomotorik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:49
Last Modified: 09 May 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38822

Actions (login required)

View Item View Item