Aktualisasi Kurikulum Berbasis Lingkungan oleh Guru pada Pembelajaran Biologi dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Kelas X SMA Adiwiyata di DIY

Pertiwi, Agustina Ambar (2016) Aktualisasi Kurikulum Berbasis Lingkungan oleh Guru pada Pembelajaran Biologi dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Kelas X SMA Adiwiyata di DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agustina-ambar-pertiwi-14725251039.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana aktualisasi kurikulum berbasis lingkungan oleh guru pada pembelajaran biologi untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan peserta didik kelas X SMA Adiwiyata, (2) perbedaan aktualisasi kurikulum berbasis lingkungan oleh guru pada pembelajaran biologi antar SMA Adiwiyata di DIY dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan peserta didik kelas X; (3) hubungan antara aktualisasi kurikulum berbasis lingkungan oleh guru pada pembelajaran biologi dengan sikap peduli lingkungan peserta didik kelas X SMA Adiwiyata; dan (4) kendala yang dihadapi guru dalam mengaktualisasi kurikulum berbasis lingkungan pada pembelajaran biologi dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan peserta didik kelas X SMA Adiwiyata di DIY. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru biologi kelas X SMA Adiwiyata di DIY yang ditentukan dengan teknik sensus dan seluruh peserta didik kelas X SMA Adiwiyata di DIY. Sampel penelitian peserta didik ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, angket guru, angket siswa, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif serta analisis statistik uji korelasi Pearson dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktualisasi kurikulum berbasis lingkungan oleh guru pada pembelajaran biologi dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan peserta didik secara umum telah teraktualisasi dengan baik dan mencapai standar menurut Permen Lingkungan Hidup No.05 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata; (2) terdapat perbedaan aktualisasi kurikulum berbasis lingkungan antar SMA Adiwiyata di DIY; (3) terdapat korelasi positif antara aktualisasi kurikulum berbasis lingkungan dalam pembelajaran oleh guru biologi dengan sikap peduli lingkungan peserta didik kelas X SMA Adiwiyata di DIY dengan koefisien Pearson Correlation sebesar 0.297 dan signifikansi sebesar 0.474; dan (4) kendala yang dihadapi guru biologi dalam mengaktualisasikan kurikulum berbasis lingkungan dalam pembelajaran antara lain kurangnya pemahaman mengenai pendidikan lingkungan hidup, kurikulum berbasis lingkungan, dan alokasi waktu yang terbatas sehingga kurikulum berbasis lingkungan hanya diimplementasikan pada materi ajar tertentu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aktualisasi kurikulum berbasis lingkungan, sikap peduli lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:45
Last Modified: 09 May 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38821

Actions (login required)

View Item View Item