Hanafi, Ali (2016) Evaluasi Kegiatan Pra-magang pada Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Purwokerto di kabupaten Banyumas. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-ali-hanafi-13704251031.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kesiapan LKP dalam perencanaan program, menganalisa kebutuhan peserta dan kesesuaian tujuan program dalam kegiatan Pelatihan Pra-magang. (2) karakteristik tutor dalam penyampaian materi, alur dan sumber pendanaan yang digunakan, serta sarana dan prasarana yang digunakan dalam Pelatihan Pra-Magang. (3) proses yang berlangung selama Pelatihan Pra-Magang dalam hal kesesuaian jadwal, aktivitas peserta, dan suasana pembelajaran. dalam kegiatan Pelatihan Pra-magang. (4) ketercapaian tujuan, kebutuhan yang terpenuhi dan kemampuan yang di miliki dalam pelaksanaan Pelatihan Pra-Magang. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP, yang terdiri dari context, input, process, dan product. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian tersebut disusun secara sistematis yang meliputi : (a) evaluasi konteks, (b) evaluasi masukan, (c) evaluasi proses, dan (d) evaluasi produk. Informan penelitian ini terdiri dari satu orang pengelola, satu orang tutor dan lima siswa yang mengikuti kegiatan pelatihan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam secara terstruktur, observasi tidak langsung, dan analisis dokumen. Teknik analisis menggunakan model interaktif diantaranya adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni; (1) Komponen Context dalam kegiatan Pra-magang meliputi kesiapan lembaga dalam perencanaan program, menganalisa kebutuhan peserta, dan kesesuaian tujuan program sudah tergolong baik, hal itu dibuktikan dengan adanya koordinasi dari masing-masing cabang dalam penentuan materi. (2) Komponen Input dalam kegiatan Pra-magang meliputi Karakteristik Tutor, alur dan sumber pendanaan yang digunakan, serta Sarana dan Prasarana bisa dikatakan baik karena Tutor sesuai dengan standar instruktur, telah ada manajemen keuangan dan sarana dan prasarana yang baik. (3) Komponen Proses dalam kegiatan Pra-magang meliputi jadwal, aktivitas peserta, dan suasana pembelajaran dapat dikatakan memenuhi kriteria baik. Hal itu disebabkan oleh adanya pengaturan dan pengkondisian yang baik dari pihak panitia maupun tutor. (4) Komponen Product dalam kegiatan Pra-magang meliputi ketercapaian tujuan, kebutuhan yang terpenuhi dan kemampuan yang dimiliki dapat dikatakan baik karena masing-masing komponen dapat tercapai dengan maksimal
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Pelatihan Pra-magang, Pelatihan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 07:38 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |