Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta SMK Muhammadiyah Wonosari

Akhmad Irvan Fauzi, Akhmad Irvan Fauzi (2014) Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta SMK Muhammadiyah Wonosari. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
AKHMAD IRVAN FAUZI_11601241023_PJKR.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Selain itu praktik mengajar juga bertujuan untuk menciptakan calon-calon pendidik yang profesional sesuai dengan bidangnya. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di SMK Muhammadiyah Wonosari. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 02 Juli s.d. 17 September 2014. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk mengajar di kelas XI Akuntansi 1, Akutansi 2, Akutansi 3,Akutansi 4,XI PB, XI MM 1, MM 2, XI AN, XI JB. Dari waktu yang diberikan praktikan dapat mengajar sebanyak 10 kali tatap muka. Materi Pelajaran yang dapat diajarkan adalah Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan. Adapun materi pokok yang diampu pada kelas XI Akuntansi 1, Akutansi 2, Akutansi 3,Akutansi 4,XI PB, XI MM 1, MM2, XI AN, XI JB pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan adalah Permainan bola besar, permainan bola kecil,Atletik,Beladiri,Kebugaran Jasmani,senam ritmik,renang . Materi Pokok yang diampu pada materi pembelajaran permainan bola besar adalah Permainan sepak bola, Permainan bola basket, Permainan bola voli. Permainan bola kecil meliputi Bulutangkis, Atletik Meliputi lari menggunakan start jongkok, lari menggunakan start berdiri, Beladiri meliputi Pencak Silat, kebugaran jasmani meliputi latihan daya tahan otot jantung dan paru, Senam ritmik meliputi rangkaian gerak senam ritmik, renang meliputi gerak renang gaya dada. Alokasi waktu untuk materi pokok tiap pertemuannya adalah 3 x 45 menit. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaranny (RPP) sesuai dengan format kurikulum 2013.. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, Rencana Pokok Pembelajaran, proses belajar mengajar hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan. Adapun saran dari penyusunan agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan, sehingga untuk mahasiswa angkatan selanjutnya dapat memahami dan lebih rajin mempelajari tentang ilmu-ilmu kependidikan supaya kegiatan PPL untuk tahun berikutnya berlangsung lebih baik.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:29
Last Modified: 04 Aug 2016 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38815

Actions (login required)

View Item View Item