EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Marfuatun, - (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS_PENERAPAN_METODE_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe kompetisi permainan kelompok atau teams game tournament (TGT) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester 2 SMA Negeri 9 Yogyakarta yang berjumlah 190 siswa dan terbagi dalam 5 kelas. Sampel per.elitian sebanyak 66 siswa yang diambil secara cluster random sampling, siswa tersebut terbag', dalam dua kelas, satu kelas sebagai kelompok eksperimen (A1) dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol (A2). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian satu jalur. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Fo = 4,032 dan p < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik. Rerata skor prestasi belajar kimia kelas eksperimen adalah 23,64, sedangkan rerata skor kelas kontrol adalah 22,39. Dengan demikian, metode pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar kimia siswa pada materi pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit serta Reaksi Oksidasi Reduksi pada keIas X semester 2 SMA Negeri 9 Yogyakarta. Adapun sumbangan efektif pengetahuan awal kimia terhadap prestasi belajar kimia sebesar 1%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:51
Last Modified: 29 Jan 2019 15:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item View Item