Studi Komparasi Model Keterpaduan Connected, Sequenced dan Webbed dalam Pembelajaran IPA ditinjau dari Keterampilan Generik, Motivasi Belajar serta Penguasaan Konsep Siswa

Nur, Muhammad (2016) Studi Komparasi Model Keterpaduan Connected, Sequenced dan Webbed dalam Pembelajaran IPA ditinjau dari Keterampilan Generik, Motivasi Belajar serta Penguasaan Konsep Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-nur-14708259021.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan pengaruh model keterpaduan connected, sequenced dan webbed dalam pembelajaran IPA ditinjau dari keterampilan generik, motivasi belajar serta penguasaan konsep siswa, (2) menentukan model keterpaduan yang memberikan capaian paling tinggi terhadap (a) keterampilan generik, (b) motivasi belajar, dan (c) penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest and posttest design. Populasi pada penelitian ini meliputi seluruh kelas IX SMP Negeri 8 Parepare. Sampel diambil dari seluruh populasi. Kelas eksperimen pertama menerapkan model connected, kelas eksperimen kedua menerapkan model sequenced, dan kelas eksperimen ketiga menerapkan model webbed. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterampilan generik, angket motivasi belajar dan tes penguasaan konsep. Uji Manova digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap ketiga variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui pengaruh variable bebas terhadap masing-masing variabel terikat dilakukan dengan uji Tukey dan Scheffe. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pengaruh model keterpaduan connected, sequenced dan webbed dalam pembelajaran IPA ditinjau dari keterampilan generik, motivasi belajar serta penguasaan konsep siswa. (2a) Model keterpaduan connected memberikan capaian paling tinggi terhadap keterampilan generik siswa. (2b) Model keterpaduan webbed memberikan capaian paling tinggi terhadap motivasi belajar siswa, dan (2c) Model keterpaduan connected, sequenced dan webbed memberikan capaian yang sama terhadap penguasaan konsep siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: connected, sequenced, webbed, keterampilan generik, motivasi belajar dan penguasaan konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:20
Last Modified: 09 May 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38808

Actions (login required)

View Item View Item