Nur, Muhammad (2016) Studi Komparasi Model Keterpaduan Connected, Sequenced dan Webbed dalam Pembelajaran IPA ditinjau dari Keterampilan Generik, Motivasi Belajar serta Penguasaan Konsep Siswa. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-muhammad-nur-14708259021.swf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan pengaruh model keterpaduan connected, sequenced dan webbed dalam pembelajaran IPA ditinjau dari keterampilan generik, motivasi belajar serta penguasaan konsep siswa, (2) menentukan model keterpaduan yang memberikan capaian paling tinggi terhadap (a) keterampilan generik, (b) motivasi belajar, dan (c) penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest and posttest design. Populasi pada penelitian ini meliputi seluruh kelas IX SMP Negeri 8 Parepare. Sampel diambil dari seluruh populasi. Kelas eksperimen pertama menerapkan model connected, kelas eksperimen kedua menerapkan model sequenced, dan kelas eksperimen ketiga menerapkan model webbed. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterampilan generik, angket motivasi belajar dan tes penguasaan konsep. Uji Manova digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap ketiga variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui pengaruh variable bebas terhadap masing-masing variabel terikat dilakukan dengan uji Tukey dan Scheffe. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pengaruh model keterpaduan connected, sequenced dan webbed dalam pembelajaran IPA ditinjau dari keterampilan generik, motivasi belajar serta penguasaan konsep siswa. (2a) Model keterpaduan connected memberikan capaian paling tinggi terhadap keterampilan generik siswa. (2b) Model keterpaduan webbed memberikan capaian paling tinggi terhadap motivasi belajar siswa, dan (2c) Model keterpaduan connected, sequenced dan webbed memberikan capaian yang sama terhadap penguasaan konsep siswa
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | connected, sequenced, webbed, keterampilan generik, motivasi belajar dan penguasaan konsep |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 07:20 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38808 |
Actions (login required)
View Item |