LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO

Gilang Larasatii, Gilang Larasati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. EDAFTAR ISI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu tugas perkuliahan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah yang telah disediakan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu tri darma perguruan tinggi, yaitu pengabdian pada masyarakat, dalam hal ini dispesifikan pada masyarakat sekolah. Selain itu PPL, memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Kegiatan PPL ini juga berfungsi untuk melatih mental mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajar-mengajar. Kegiatan PPL merupakan kegiatan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengelolaan sekolah sehingga dapat melatih kompetensi dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan. Pelaksaan PPL dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014 bertempat di SMK N 6 Purworejo. Pelakasanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi rencana pelaksaaan pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksaan PPL dilaksanakan di kelas XI BB 1 dan XI BB 2 secara umum berjalan lancar, setiap minggunya penyusun bertatap muka sebanyak 4 kali, metode yang dilakukannya pun bervariasi, mulai dari metode ceramah, permainan, diskusi kelompok, dan presentasi. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMK N 6 Purworejo ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dari pengalaman ini mahasiswa mempunyai saran agar kerjasama dan koordinasi antarpihak sekolah,universitas dan mahasiswa dapat terus terjalin dengan baik dan lebih ditingkatkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:15
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38806

Actions (login required)

View Item View Item