LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG

Tethys Arsynta Cahyaningrum, Tethys Arsynta Cahyaningrum (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Tethys AC (11402244029).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah mata kuliah wajib sebagai suatu cara yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengajar di Sekolah secara langsung. PPL juga digunakan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan kemampuannya dalam hal mengajar yang berkaitan dengan program studi yang telah diambil. Adapun tujuan PPL di sekolah ini untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa tentang mekanisme pengajaran dan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014. Kegiatan yang dilaksanakan pada saat PPL meliputi: praktik mengajar, pembuatan tugas administrasi guru seperti RPP, media pembelajaran, dan beberapa form perangkat sekolah. Selain itu, pada kegiatan PPL ini mahasiswa juga melaksanakan kegiatan insidental yaitu administrasi perpustakaan sekolah. Praktik mengajar pada kegiatan PPL ini adalah mengajar pada mata pelajaran administrasi kepegawaian, standar kompetensi formasi dan pengadaan pegawaidi kelas XI AP. Mahasiswa menggunakan buku panduan Manajemen Kepegawaian/Personalia untuk SMK sebagai sumber materi pembelajaran. Hasil pembelajaran dinilai dari 3 aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang didapatkan dari hasil pengamatan pada setiap pertemuan, kuis/soal formatif, dan ulangan harian. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL berlangsung dengan lancer. Sebagaimana yang menjadi tujuan dari kegiatan PPL yaitu untuk melatih mahasiswa sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, mahasiswa memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:09
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38804

Actions (login required)

View Item View Item