Pengaruh Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Saintifik Melalui Pengamatan Lingkungan Sekitar Sekolah Terhadap Pemahaman dan Aplikasi Konsep Materi Ekosistem Kelas X Sma N 1 Jetis Bantul

Ratnaningsih, Ratnaningsih (2016) Pengaruh Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Saintifik Melalui Pengamatan Lingkungan Sekitar Sekolah Terhadap Pemahaman dan Aplikasi Konsep Materi Ekosistem Kelas X Sma N 1 Jetis Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratnaningsih-13708251038.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh pembelajaran biologi dengan pendekatan saintifik melalui pengamatan lingkungan sekitar sekolah terhadap pemahaman dan aplikasi konsep peserta didik materi ekosisitem SMA kelas X SMA N 1 Jetis. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain eksperiment pretest-posttest non-equivalent control grup desain. Populasi subyek penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA N 1 Jetis Bantul semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini berbentuk kelompok, dalam hal ini yaitu kelompok kelas. Sampel penelitian berupa kelas sebagai kelompok eksperimen dan kontrol ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen 1 dan 2 diberi perlakuan menggunakan pendekatan saintifik sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran ekspositori tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes. Tes digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran yang dilakukan terhadap pemahaman dan aplikasi konsep yang berupa pemberian tes tulis berupa soal pilihan ganda, soal uraian. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji kovariat (ANCOVA), kemudian dilanjutkan dengan uji Independent t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (p<0,05) pembelajaran biologi dengan pendekatan saintifik melalui pengamatan lingkungan sekitar sekolah terhadap pemahaman dan aplikasi konsep peserta didik materi ekosisitem di SMA N 1 Jetis Bantul kelas X materi Ekosistem

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Saintifik, Pengamatan Lingkungan Sekolah, Pemahaman dan Aplikasi Konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:12
Last Modified: 09 May 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38803

Actions (login required)

View Item View Item