Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani melalui Modifikasi Permainan Bola Besar untuk Meningkatkan Kemampuan Directional Awareness, Auditory Awareness, dan Gerak Dasar Manipulatif Anak Tunanetra

Azizah, Alfiah Rizqi (2016) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani melalui Modifikasi Permainan Bola Besar untuk Meningkatkan Kemampuan Directional Awareness, Auditory Awareness, dan Gerak Dasar Manipulatif Anak Tunanetra. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alfiah-rizqi azizah-14711251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani untuk anak tunanetra dalam rangka mengembangkan kemampuan directional awareness, auditory awareness dan gerak dasar manipulatif. Penelitian pengembangan ini secara lengkap mengikuti model Borg & Gall dalam Sukmadinata melalui 9 langkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (research and information collection), (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, dan (9) penyempurnaan produk akhir. Uji coba skala kecil dilakukan pada para peserta SLB N 1 Bantul sebanyak enam orang, sedangkan uji coba skala besar dilakukan pada para peserta didik SLB N 1 Kulonprogo dan SLB Hellen Keller Indonesia yang kesemuanya berjumlah delapan orang. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran pendidikan jasmani permainan bola besar yang didokumentasikan dalam CD dan buku petunjuk pelaksanaan pembelajaran pada anak tunanetra. Dalam model pembelajaran bola besar, terdapat lima permainan yaitu: (1) permainan bolingling, (2) permainan bola jaring, (3) permainan tangkap ceria, (4) permainan rintangan hore dan (5) permainan bola gawang ajaib. Pada akhir penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa model pembelajaran yang dibuat sangat menarik, sesuai dengan karakteristik peserta didik, dapat digunakan sebagai cara mengajar pada pendidikan jasmani serta sangat efektif untuk mengembangkan kemampuan directional awareness, auditory awareness dan gerak dasar manipulatif pada anak tunanetra

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, permainan bola besar, tunanetra
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:04
Last Modified: 17 Jan 2022 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38798

Actions (login required)

View Item View Item