Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

RaesitaPutriAmalia, RaesitaPutriAmalia (2014) Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SAMPUL RAESITA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III RAESITA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan strategi untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan juga dapat belajar dari lapangan. PPL juga berfungsi sebagai salahsatu cara melatih mental mahasiswa di depan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jogonalan mulai tanggal 2 Juli hingga 17 September 2014. Kegiatan yang telah dilaksan akan meliputi praktek mengajar, dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 4 Agustus 2014 sampai tanggal 5 September 2014. Media yang digunakan adalah berupa teks cerita legenda dan teks sandiwara. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Senin (Jam ke 1,2) di kelas VIII-H, dan (Jam ke 3,4) di kelas VIII-G, Selasa (Jam ke 4,5) di kelas VIII-I, Kamis (Jam ke 1,2) di kelas IX-I, Sabtu (Jam ke3,4) di kelas IX-H, dan (Jam 5,6) di kelas IX-A. Mengajar pelajaran Bahasa Jawa dengan materi cerita legenda, tembung garba, sandiwara cerita wayang Ramayana, dan aksara Jawa. Pengajaran dilakukan dengan cara Mengajar Individu. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL dapat berjalan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing dan pihak sekolah. Namun, hal ini secara umum tidak mempengaruhi kinerja praktikan dalam melaksanakan programnya. Kelancaran pelaksanaan program KKN-PPL UNY 2014 ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak mahasiswa, sekolah, dan siswa SMP Negeri 1 Jogonalan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:01
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38797

Actions (login required)

View Item View Item