LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

William Saputra, William Saputra (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WILLIAM SAPUTRA.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, jurusan kependidikan yang pelaksanaannya dilakukan di lingkungan sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dikuasainya ke dalam kehidupan nyata di sekolah. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Namun, hal tersebut bukanlah akhir dari pencapaian kata professional karena masih ada banyak tempaan yang menunggu untuk menjadi seorang guru yang professional. Rangkaian kegiatan KKN-PPL UNY 2014 SMK N 2 Yogyakarta yang dimulai pada tanggal 6 Agustus 2014 sampai dengan 17 September 2014 telah terlewati. Dari penerjunan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), mata kuliah Pengajaran Mikro, observasi, hingga praktik belajar mengajar yang sebenarnya di SMK N 2 Yogyakarta Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Dalam pelaksanaan praktik mengajar, ada beberapa hal yang mahasiswa praktikan PPL persiapkan. Administrasi guru, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal evaluasi, dan lain-lain. Dengan demikian mahasiswa praktikan PPL dapat mengetahui berbagai macam hal mengenai pengelolaan pembelajaran di sekolah beserta administrasinya. Pada Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL), mahasiswa praktikan PPL mengampu 2 mata diklat untuk kelas XI TIPTL 4 yaitu mata diklat INTEL 1 dan INTEL 2. Mahasiswa praktikan PPL mengajar selama 11 kali pertemuan dengan rincian 6 kali pertemuan untuk INTEL 1 dan 5 kali pertemuan untuk INTEL 2. Selain itu mahasiswa praktikan PPL juga mengajar kelas XI TIPTL 1 dengan melakukan Team Teaching selama 12 kali pertemuan. Setelah diadakannya evaluasi di pertemuan akhir dan dilakukan analisis daya serap siswa, hasilnya menunjukkan bahwa daya serap siswa kelas XI TIPTL 4 untuk mata pelajaran INTEL 1 sebesar 88.33% dan INTEL 2 sebesar 52.50%. Hal ini menunjukan bahwa kelas yang mahasiswa praktikan PPL ajar untuk mata diklat INTEL 1 dapat dikatakan tuntas dalam pembelajaran, karena lebih dari angka prosentase 65% (Depdiknas, Effendi, 2007:5). Sedangkan untuk mata diklat INTEL 2 diperlukan program remidial karena dinyatakan belum tuntas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Administrasi Guru, Analisis Daya Serap
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:04
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38794

Actions (login required)

View Item View Item