LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 JOGONALAN

Nur Cholish J, Nur Cholish J (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sampul Laporan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan strategi untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik. PPLbertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan juga dapat belajar dari lapangan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jogonalan mulai tanggal 2 Juli hingga 17 September 2014. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 06 Agustus 2014 sampai tanggal 06 september 2014. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Senin (Jam ke 3,4,5) di kelas VII B dan VII E, Selasa (Jam ke 1,2,3,4) di kelas VII E dan VII B, Rabu I (Jam ke 1,3,4,6,7) di kelas VII B, VII A dan VII E, Kamis (Jam ke 1,2) di kelas VII A, Jumat (Jam ke 3) di kelas VII A mengajar pelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan materi Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia.( Letak Wilayah dan Pengarunya bagi Keadaan Alam Indonesia, dan Keadaan Alam Indonesia). Pengajaran dilakukan dengan cara Mengajar Individu. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL dapat berjalan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian hambatan tersebut dapat teratasi berkathubungan dengan guru pembimbing dan pihak sekolah.Namun, hal ini secara umum tidak mempengaruhi kinerja praktikan dalam melaksanakan programnya. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2014 ini taklepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak mahasiswa,sekolah, dan siswa SMP Negeri 1 Jogonalan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:59
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38793

Actions (login required)

View Item View Item