LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL DI SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015 1 Juli 2014 – 17 September 2014 SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG

Petrus fransiskus k losor, Petrus fransiskus k losor (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL DI SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015 1 Juli 2014 – 17 September 2014 SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-3.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik pengalaman lapangan merupakan salah satu bekal mahasiswa kependidikan sebelum kelak terjun langsung dalam dunia kependidikan. Program KKN-PPL merupakan kegiatan terpadu sehingga pelaksanaannya saling terintegrasi dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Tujuan yang ingin dicapai kedua program terpadu tersebut, yaitu mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Program KKN-PPL ini mengupayakan suatu ketrampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar di kembangkan mahasiswa di tempat praktik. Dalam pelaksanaannya Kuliah Kerja Nyata (KKN) dikelompokkan dalam dua macam program, yaitu program kelompok dan program individu. Program utama dalam KKN individu, yaitu pengadaan ekstrakulikuler tari dan pengadaan poster tari nusantara. Kegiatan praktik pengalaman lapangan kali ini mahasiswa memperoleh tempat praktik diSMK Bhakti Karya 1 Magelang. PPL dimulai dari tanggal 01 Juli - 17 September 2014. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi : praktik mengajar, pembuatan administrasi guru meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan media pembelajaran. Praktik persekolahan seperti upacara bendera serta kegiatan lain yang berkaitan dengan kependidikan dan dapat membantu mahasiswa untuk memperoleh bekal dan pengalaman mengenai tugas guru sebagai seorang pengajar dan seorang pendidik. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah mengajar pada mata pelajaran Seni Tari kelas X Administrasi Perkantoran, X akuntansi, X Pemasaran, X Tehnik Penyiaran Radio, XII Administrasi Perkantoran1, XII Administrasi Perkantoran2, XII akuntansi, XII Pemasaran, XII Tehnik Penyiaran Radio. Sebagai sumber materi ( referensi ) mahasiswa menggunakan buku panduan pelajaran Seni Tari kelas ditambah dengan Buku LKS Seni Tari. Hasil pembelajaran diketahui dari nilai hasil evaluasi berupa ulangan harian. Secara umum kegiatan PPL yang telah disusun dan direncanakan berlangsung dengan lancar. Sebagaimana yang menjadi tujuan dari kegiatan PPL dimana mahasiswa dituntut untuk belajar bersosialisasi dengan lingkungan pembelajaran sekolah, maka kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat bagi penyusun. Selain itu kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan teori- teori pembelajaran yang selama ini diterima di bangku kuliah pada kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:58
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38792

Actions (login required)

View Item View Item