Keefektifan Strategi Story Writing Map dan Strategi Guided Writing Procedure (GWP) dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa SMA Negeri 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja

Tonglo, Amelia Datu (2016) Keefektifan Strategi Story Writing Map dan Strategi Guided Writing Procedure (GWP) dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa SMA Negeri 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-amelia-datu-tonglo-14715251016.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) keefektifan strategi story writing map, (2) keefektifan strategi guided writing procedure (GWP) , dan (3) teknik pembelajaran yang lebih efektif antara strategi story writing map dan strategi guided writing procedure dalam pembelajaran menulis cerpen siswa SMA Negeri 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat kemampuan siswa dalam menulis cerpen dan variabel bebas strategi story writing map dan strategi guided writing procedure (GWP). Desain penelitian ini adalah prates-postes control goup design. Terdapat tiga kelompok, yaitu dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol yang dipilih secara rondom. Subjek penelitian adalah kelas X SMA Negeri 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Instrumen pengumpulan data berupa tes keterampilan menulis cerpen. Tes diberikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Validitas instrumen adalah validitas isi yang dikonsultasikan pada ahlinya. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varians satu jalur pada taraf signifikasi 5% (α=0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi story writing map efektif digunakan dalam menulis cerpen dengan melihat taraf signifikasi 0,000 < 0,05 H0 ditolak dan H1 diterima karena tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan mean difference 14.289* yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan menulis cerpen dengan menggunakan story writing map. Strategi guided writing procedure efektif untuk digunakan dalam menulis cerpen dengan melihat taraf signifikasi 0,000 < 0,05 di mana H0 ditolak dan H1 diterima karena tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan mean difference 10.233* menunjukkan terdapat perbedaan menulis cerpen dengan menggunakan strategi guided writing procedure. Strategi story writing map lebih efektif dibandingkan strategi guided writing procedure dan konvensional dalam menulis cerpen dengan melihat taraf signifikasi 0,004 < 0,05. Dalam kedua strategi ini, H0 ditolak dan H1 diterima karena tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05. Untuk mengetahui keefektifan kedua strategi tersebut dapat dilihat pada mean difference dan nilai signifikan < 0,05 yang diperoleh. Semakin tinggi mean difference yang diperoleh maka strategi tersebut semakin efektif. Pada strategi story writing map terlihat mean difference yang diperoleh sebesar 14.298* sedangkan strategi guided writing procedure terlihat mean difference yang diperoleh 10.233* dan taraf signifikansi 0,004 menunjukkan kedua strategi ini ada perbedaan pada setiap rata-rata

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan strategi, story writing map, guided writing procedure, pembelajaran menulis cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:58
Last Modified: 09 May 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38790

Actions (login required)

View Item View Item