LAPORAN RAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji 47 Yogyakarta Laporan Ini Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah KKN-PPL

Wakhid Kurniawan, Wakhid Kurniawan (2014) LAPORAN RAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji 47 Yogyakarta Laporan Ini Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah KKN-PPL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WAKHID KURNIAWAN_11501244025.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan sebagai proses untuk mempersiapkan lulusan mahasiswa yang kelak menjadi peengajar (pendidik) yang profesional. Hal itu tercermin dengan banyaknya persiapan yang harus dilakukan dalam rangka Program Pengalaman Lapangan (PPL). PPL adalah proses menuju belajar menjadiguru yang professional dengan cara setapak demi setapak hingga akhir kegiatan PPL. Tetapi, hal tersebut bukanlah akhir dari pencapaian karena setelah itu adalah awal dari semuanya untuk menjadi seorang guru yang kompeten. Kegiatan PPL UNY 2014 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA yang telah terlewati. Diawali dari penerjunan yang dilakukan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kemudian dilanjutkan mengikuti mata kuliah Mikro Teaching, dan disela-sela pelaksanaan mikro teaching ada observasi yang dilakukan disekolah, sebagai acuan untuk mahasiswa PPL melaksanakan mikro teaching dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. Saat melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa PPL harus mempersiapkan beberapa hal, yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan materi yang akan disampaikan saat KBM. Oleh sebab itu, mahasiswa PPL bisa mengetahui berbagai macam hal yang menyangkut persiapan dan pengelolaan pembelajaran yang harus dibuat oleh seorang guru. Mahasiswa PPL di jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) mengajar 3 kelas dengan mata pelajaran yang sama, yaitu Dasar Pengukuran Listrik (DPL). Mahasiswa PPL mengajar sebanyak 11 kali pertemuan setiap kelasnya. Kelas yang di ampu adalah kelas X TITL 1, X TITL 3, dan X TITL 4. Materi yang disampaikan masih cenderung teori karena masih pada pertemuan awal dan baru kelas X.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL,guru, mikro teaching, pembelajaran
Subjects: Laporan > KKN - PPL
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:56
Last Modified: 01 Oct 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38786

Actions (login required)

View Item View Item