LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL LOKASI SD NEGERI NGEPOSARI Disusun Sebagai Tugas Akhir Pelaksanaan Kegiatan PPL

Sihono, Sihono (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL LOKASI SD NEGERI NGEPOSARI Disusun Sebagai Tugas Akhir Pelaksanaan Kegiatan PPL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SIHONO.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-III SIHONO.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Program PPL adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) , yang memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitu masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. [5] Kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Dimana mahasiswa langsung diterjunkan kelapangan untuk mempraktekkan pengalamannya setelah melaksanakan training yaitu pengajaran mikro teaching, selain itu juga diharapkan prktikan bisa menjalin hubungan sosialisai yang baik dengan masyarakat diluar sekolah Praktek Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SD Negeri Ngeposari yang beralamat di Ngepos,Ngeposari, Semanu , Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan berlangsung dari tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan yang di lakukan praktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan pada kelas 1 sampai dengan kelas VI. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL, praktek persekolahan dan penyusunan laporan. Persiapan Praktek Mengajar meliputi: A) Observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana. B) Pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan persiapan administrasi. Pelaksanaan Praktek Mengajar meliputi: A) Kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 15 Juli 2014 sampai dengan 15 September 2014 di kelas I sampai dengan kelas VI. B) Umpan balik dari pembimbing Analisis Hasil Pelaksanaan meliputi: A) Analisis keterkaitan program dan pelaksanaannya B) Hambatan dalam pelaksanaan PPL C) Usaha dalam mengatasai hambatan Oleh karena itu, PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional,yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan pancasila yang mana pada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar,bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akadmis yang lain yang erat kaitannya dengan pendidikan jasmani olahraga kesehatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:45
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38782

Actions (login required)

View Item View Item