UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBAGIAN BILANGAN ASLI PADA SISWA KELAS II SD N SINDUADI 2 DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Setianingrum, Zeni (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBAGIAN BILANGAN ASLI PADA SISWA KELAS II SD N SINDUADI 2 DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Zeni Setianingrum.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) pada kelas II SD Negeri Sinduadi 2 Mlati, Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas II SD Negeri Sinduadi 2 Sleman yang berjumlah 16 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Sinduadi 2 Mlati Sleman. Peningkatan persentase hasil belajar ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 37,5%, pada siklus I pertemuan pertama sebesar 62,5%, pada pertemuan kedua sebsar 75%, pada pertemuan ketiga sebsar 93,75%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 93,75%, dan pertemuan kedua sebesar 100%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sebesar 52,5, siklus I pertemuan pertama sebesar 70, pertemuan kedua sebesar 78,75, pertemuan ketiga sebesar 85, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 86,88, dan pada pertemuan kedua sebesar 89,38. Kata kunci: Realistic Mathematic Education (RME), hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:45
Last Modified: 30 Jan 2019 10:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38781

Actions (login required)

View Item View Item