Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Anindita Nur Indra, Anindita Nur Indra (2014) Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sampul Laporan .pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan PPL BAB I, II, III.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan strategi untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat mendarma baktikan ilmu akademisnya di lapangan dan juga dapat belajar dari lapangan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jogonalan mulai tanggal 2 Juli hingga 17 September 2014. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 5 Agustus 2014 sampai tanggal 6 september 2014. Media yang digunakan adalah Media flashcard, laptop, speaker. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Senin (Jam ke 6,7) di kelas VII-A, Selasa (Jam ke 1,2 ) di kelas VIII-A , Rabu (Jam ke 4) di kelas VII-A, Kamis (Jam ke 1,2) di kelas VII-D dan (Jam ke 6,7) di kelas VIII-A, Jumat (Jam ke 5,6) di kelas VII B, Sabtu (Jam ke 1,2) di kelas VII-D san (Jam ke 6,7) di kelas VII B. Penulis mengajar pelajaran bahasa inggris dengan materi Greeting, leave taking, apologizing dan self introduction untuk kelas VII serta mengajar materi ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, meminta/ mengungkapkan pendapat dan menghargai kinerja yang baik untuk kelas VIII. Pengajaran dilakukan dengan cara mengajar Individu. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL dapat berjalan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing dan pihak sekolah. Namun, hal ini secara umum tidak mempengaruhi kinerja praktikan dalam melaksanakan programnya. Kelancaran pelaksanaan program KKN-PPL UNY 2014 ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak mahasiswa, sekolah, dan siswa SMP Negeri 1 Jogonalan

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38766

Actions (login required)

View Item View Item