LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK N 2 YOGYAKARTA 14 Juli – 17 September 2014

TRI CIPTO TUNGGUL WARDOYO, TRI CIPTO TUNGGUL WARDOYO (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK N 2 YOGYAKARTA 14 Juli – 17 September 2014. Project Report. Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRI CIPTO TUNGGUL_11505241011.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan kependidikan dengan gelar sarjana pendidikan selain tugas skripsi teknik di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah menjadi institusi terkemuka dalam pelayanan PPL dan PKL untuk mencetak tenaga kependidikan dan non kependidikan yang professional berwawasan global. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK N 2 Yogyakarta mulai dari tanggal 14 Juli 2014 sampai 17 September 2014, penyusun diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan untuk mengampu mata pelajaran “Mekanika Teknik dan Konstruksi Bangunan” kelas X Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Konstruksi Batu dan Beton. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Menyusun materi ajar, Praktik mengajar terbimbing dan mandiri, mempelajari dan melaksanakan administrasi guru serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan misalnya menusun RPP yang baik, penyusunan Materi ajar, pengembangan media pembelajaran dan alat evaluasi, melaksanakan administrasi guru, menerapkan inovasi pembelajaran dan masih banyak pengalaman yang berguna di kemudian hari. Kualitas bimbingan dari guru pembimbing juga mempengaruhi mahasiswa PPL, hambatan dan masalah yang ditemui digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan mahasiswa PPL yang menjadi pemacu semangat agar dapat berperan lebih baik, sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa dapat benar – benar siap menjadi tenaga pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 2 Yogyakarta, Program Kegiatan PPL.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:18
Last Modified: 21 Aug 2018 08:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38764

Actions (login required)

View Item View Item