Luwih Budi Pawening, Luwih Budi Pawening (2014) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMP NEGERI 2 MUNTILAN PERIODE JULI 2014 – SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1 COVER.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
1.0 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
1.1 KATA PENGANTAR.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
1.2 DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
1.3 ABSTRAKluw.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
1.4 BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
1.5 BAB II.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
1.51 BAB III.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu dengan yang lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Penyelenggara program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. SMP Negeri 2 Muntilan merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL tahun 2014. Instansi ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar meskipun pada waktu pelaksanaan kantor guru dan gudang olahraga sedang direnovasi dan dirombak untuk diperbaharui. Mahasiswa ditempatkan di lokasi PPL selama kurang lebih 2,5 bulan, yaitu mulai 2 Juli 2014 sampai dengan 16 September 2014. Di sekolah ini mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah. Disamping itu juga diharapkan dapat berperan sebagai inovator, motivator, mediator sekaligus problem solver bagi lembaga ini. Program yang dikembangkan mahasiswa dalam praktik PPL disesuaikan dengan program sekolah sehingga dapat mendukung program – program yang ada di sekolah. Tahap kegiatan progam kerja PPL dimulai dengan observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program kepada pihak sekolah dan DPL dan pelaksanaan program yang direncanakan. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif, menarik, mudah, tidak hanya transfer of knowledge tetapi transform of knowledge, serta melatih keterampilan peserta didik dalam belajar bahasa jawa. Dalam realitanya, program PPL individu ini mengedepankan pada pengembangan potensi sekolah dan penambahan alat belajar diantaranya Pembuatan Blog Berbahasa Jawa, pengadaan majalah Djaka Lodhang, pengadaan E-Makarya dan Antology Geguritan. Kegiatan PPL di SMP N 2 Muntilan ini selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi Mahasiswa, juga bertujuan untuk: (1) merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, (2) meningkatkan potensi, bakat, dan minat siswa yang berguna untuk menunjang proses belajar mengajar, dan (3) membantu meningkatkan kondisi sekolah yang mendukung proses belajar mengajar. Pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah dan mahasiswa untuk pengembangan kompetensinya serta dapat memajukan pendidikan di masa mendatang
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMP N 2 Muntilan. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 06:07 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38759 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |