LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Safrudin Budi Utomo Dwi Hartanto, Safrudin Budi Utomo Dwi Hartanto (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SAFRUDIN BUDH_13502247004.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai bentuk pembelajaran bagi mahasiswa UNY dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa pendidikan di UNY. PPL dilaksanakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta dari tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 Juli 2014. Sebelum memulai kegiatan PPL ada beberapa tahapan yang harus dipersiapkan, diantaranya pembuatan rencana program kerja. Rencana program kerja dibuat setelah melakukan observasi di sekolah yang bersangkutan. Sebagi kelengkapan mengajar, sebelum mahasiswa masuk kelas untuk mengajar disyaratkan menyusun materi dan RPP yang kemudian dikonsultasikan dengan guru pembimbing terlebih dahulu. Untuk kesiapan mengajar mahasiswa menyiapkan media yang disesuaikan dengan materi. Dalam pelaksanaan PPL mahasiswa praktikan juga diharuskan membuat administrasi guru. Praktik mengajar dilakukan di jurusan Teknik Audio Vidio SMK Negeri 2 Yogyakarta, mengajar mata pelajaran Teknik Listrik dan pendampingan Teknik Elektronika di dua kelas yaitu kelas XTAV1 dan kelas XTAV2 pada hari Senin dan Selasa. PPL dilaksanakan selama 6 minggu dengan 12 pertemuan. Selama pelaksanaan PPL banyak sekali manfaat yang bisa diambil. Diantaranya pengetahuan dan pengalaman dari guru-guru SMK, selain itu selama pelaksanaan PPL juga ada hambatan-hambatan baik karena faktor intern atau ekstern. Dari kesemua hambatan berhasil diatasi, sehingga PPL berjalan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:03
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38755

Actions (login required)

View Item View Item