LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015 02 Juli 2014 – 17 September 2014

Nurkholis, Nurkholis (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015 02 Juli 2014 – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NURKHOLIS_11503244016.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh Mahasiswa S1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik pengalaman lapangan memiliki bobot 3 SKS lapangan. Praktik pengalaman lapangan mempunyai mata kuliah prasyarat yaitu mata kuliah mikro teaching dan beberapa mata kuliah pendidikan yang lainnya. Praktik pengalaman lapangan melibatkan instansi lembaga lain yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Adapun tujuan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Praktik mengajar yang dilakukan akan memberikan pengalaman dan masukan kepada mahasiswa terhadap kondisi pembelajaran dilapangan, terutama yang berkaitan erat dengan kondisi dan perilaku siswa, sehingga melatih mahasiswa untuk menentukan sikap dan strategi pengajaran. Pelaksanaan PPL berlokasi di SMK Negeri 2 Yogyakarta yang beralamat di jalan AM Sangaji No.47. Yang berlangsung dari tanggal 2 Juli smpai 17 September 2014. Agar kegiatan PPL dapat berjalan dengan baik ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengajar yaitu materi yang akan diajarkan dan administrasi guru yang meliputi silabus, rpp, prota, prosem dan lain sebagainya. Program PPL terbagi menjadi dua, yaitu praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Pada kegiatan PPL ini praktikan mengampu pelajaran Teknologi Mekanik, yang terdiri dari dua kelas, yaitu X TP 1 dan X TP 2. Pelaksanaan kegiatan PPL ini secara keseluruhan berjalan dengan baik. Dari kegiatan PPL ini para mahasiswa mendapatkan pelajaran dan pengalaman yang berharga mengenai situasi pembelajaran di sekolah secara langsung. Selain itu, praktikan juga mendapat pengalaman mengenai cara berkomunikasi dan bergaul antar sesama pendidik di sekolah. Kerjasama dan komunikasi antara semua pihak merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi permasalahan dan hambatan yang ada, sehingga kedepan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 2 Yogyakarta, Teknologi Mekanik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 05:58
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38749

Actions (login required)

View Item View Item