IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS AWAL SD NEGERI INKLUSI BANGUNREJO 2 KRICAK TEGALREJO YOGYAKARTA

Dwi Parmawati, Yunita (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS AWAL SD NEGERI INKLUSI BANGUNREJO 2 KRICAK TEGALREJO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Yunita Dwi Parmawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komponen Rencana Pelaksanaan, Pembelajaran (RPP) tematik yang disusun oleh guru kelas awal,pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas awal, dan penilaian yang digunakan dalam pembelajaran tematik pada KTSP oleh guru kelas awal di SD Negeri Bangunrejo 2 Kricak Tegalrejo Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek guru kelas I, II, dan III sebagai narasumber utama dan Kepala Sekolah serta siswa kelas I, II, dan III sebagai narasumber. Jumlah siswa yang menjadi narasumber dalam penelitian ini yaitu sebanyak 17 siswa yang terdiri dari kelas I sebanyak 6 siswa, kelas II sebanyak 5 siswa, dan kelas III sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan pembelajaran tematik yang telah dilakukan, guru kelas awal di SD N Inklusi Bangunrejo 2 sudah menyusun RPP yang menggunakan model RPP tematik dan sesuai dengan pedoman penyusunan RPP tematik KTSP. Komponen RPP yang disusun oleh guru meliputi tema, identitas mata pelajaran, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran tematik di SD N Inklusi Bangunrejo 2, kegiatan belajar mengajar belum menerapkan penggunaan pembelajaran tematik. Hal tersebut dapat dilihat dari penyajian konsep beberapa materi yang masih belum terkait satu sama lain, pembelajaran belum terfokus pada tema, dan pemisahan antar mata pelajaran masih terlihat jelas. Pada tahap penilaian pembelajaran tematik, guru telah melakukan penilaian tes dan penilaian non tes. Penilaian tes masih dilakukan secara terpisah antar mata pelajaran dan belum disesuaikan dengan tema. Sedangkan penilaian non tes yang dilakukan oleh guru antara lain: penilaian portofolio, kinerja, sikap, dan produk. Kata kunci: pembelajaran tematik, kelas awal, KTSP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:40
Last Modified: 30 Jan 2019 10:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38741

Actions (login required)

View Item View Item