LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. AM. Sangaji 47 Yogyakarta Kode Lokasi : 20403280

NUGRAHA PRADANA HILPA, NUGRAHA PRADANA HILPA (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. AM. Sangaji 47 Yogyakarta Kode Lokasi : 20403280. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NUGRAHA PRADANA_11504244024.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik lapangan yang wajib ditempuh mahasiswa. Tujuan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai program pembelajaran bagi mahasiswa untuk terjun langsung di kelas menjadi seorang pendidik dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka pengembangan kompetensi calon pendidik. Sesuai dengan Visi PPL yaitu menjadi wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Dengan program ini mahasiswa disiapkan menjadi tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan profesional berwawasan global. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta tepatnya di jalan AM. Sangaji No.47 Yogyakarta ini dimulai padatanggal 01 Juli 2014 sampai 17 September 2014.Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan administrasi guru yang meliputi: perhitungan jam efektif, progam tahunan, program semester, jobsheet dan admistrasi guru lainnya sebagai persiapan menjadi guru. Pembuatan media pembelajaran yang meliputi materi powerpoint dan animasi video. Mata diklat yang diampu adalah Perawatan Chasisdan Sistem Pemindah Tenaga kelas XII Teknik Kendaraan Ringan. Alokasi waktu tatap muka 6 x 45 menit. Setelah selesai rangkaian PPL, nilai rata-rata peserta didik untuk kelas XII TKR 37,6 daya serap siswa 100%. Sedangkan penilaian kualitatif dari siswa untuk praktikan diharapkan praktikan bisa lebih persiapan dalam mengajar. Hal tersebut dijadikan refleksi diri praktikan untuk menjadi lebih baik lagi. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar di kelas, baik itu kelas teori maupun kelas praktik. Dalam pelaksanaan PPL tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL,SMK Negeri 2 Yogyakarta, Program Kegiatan PPL.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:56
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38740

Actions (login required)

View Item View Item