ANALISIS PERBANDINGAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) DENGAN NON-BSE FISIKA SMA KELAS X BERDASARKAN SCIENCE TEXTBOOK RATING SYSTEM (STRS) PADA ASPEK KRITERIA ISI, ORGANISASI BUKU, DAN INDEKS SERTA GLOSARIUM

Mukaromah, Aminatul and Suparwoto, Suparwoto (2016) ANALISIS PERBANDINGAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) DENGAN NON-BSE FISIKA SMA KELAS X BERDASARKAN SCIENCE TEXTBOOK RATING SYSTEM (STRS) PADA ASPEK KRITERIA ISI, ORGANISASI BUKU, DAN INDEKS SERTA GLOSARIUM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis oleh instrumen STRS untuk menilai buku teks berupa BSE dan non-BSE mengungkap hasil penilaian kualitas buku fisika BSE dan non-BSE, serta menguji adakah perbedaan kualitas buku BSE dan non-BSE bila dianalisis dengan STRS. Penelitian ini melibatkan 3 unsur kualitas yang dijabarkan dalam beberapa subkriteria. Desain penelitian ini merupakan content analysis dengan pendekatan evaluatif. Subjek penelitan ini adalah buku teks mata pelajaran Fisika untuk SMA kelas X yang meliputi Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan buku non-BSE dari 3 penerbit, yaitu: Erlangga, Tiga Serangkai, dan Cempaka Putih. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek perbedaan kualitas antara buku Fisika BSE dan non-BSE untuk SMA berdasarkan kriteria isi, organisasi buku, dan indeks serta glosarium dari STRS. Instrumen yang digunakan mengadaptasi dari instrumen yang dibuat oleh Collette.T Alfred & Chiappetta L. Collette yaitu Science Textbook Rating System yang dimuat dalam bukunya yang berjudul Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. Pembuatan instrumen penilaian buku tersebut disertai dengan indikator-indikator di setiap subkriteria yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Analisis data perbedaan dilakukan dengan statistik nonparametrik dengan uji Chi Kuadrat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan validasi dengan content validity dan perbandingan dengan instrumen penilaian dari BSNP, instrumen STRS memenuhi kriteria untuk mendeskripsikan kualitas buku teks BSE dan non-BSE. Ke empat buku teks yang dianalisis merupakan buku teks termasuk kategori baik sampai amat baik dan layak digunakan. Hasil analisis membuktikan tidak ada perbedaan yang signifikan dari kualitas ke empat buku yang dianalisis. Berdasarkan hasil analisis uji χ2, didapatkan χ2 untuk kriteria isi sebesar 4,150; untuk kriteria organisasi buku sebesar 1,783; dan untuk kriteria indeks dan glosarium sebesar 0,316. Semua hasil perhitungan lebih kecil daripada

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 04 Aug 2016 12:41
Last Modified: 30 Jan 2019 10:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38738

Actions (login required)

View Item View Item