LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Khoirul Muna, Khoirul Muna (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KHOIRUL MUNA_11104241061.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah wajib yang mempunyai 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa program studi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK N 2 Yogyakarta yang terletak di Jalan A.M Sangaji No. 47 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik dimasa yang akan datang. Praktikan diharapkan mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Praktikan juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap/kepribadian, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik yang seutuhnya. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil. Mahasiswa praktikan melakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, yaitu memberikan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, membuat program pelaksanaan PPL, analisis masalah siswa berdasarkan DCM (Daftar Cek Masalah), analisis hubungan sosial diantara siswa berdasarkan sosiometri. Melakukan konseling baik individu maupun kelompok. Melakukan administrasi bimbingan dan konseling, rekapitulasi data pribadi siswa, serta layanan informasi maupun orientasi dengan pembuatan dan pengefektifan papan bimbingan. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMK N 2 Yogyakarta ini penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam di bidang Pendidikan Bimbingan dan Konseling yang diperoleh di bangku perkuliahan serta kecakapan berkaitan dengan tugas nyata pendidik di lapangan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Pengalaman yang sangat berharga juga merupakan hasil yang dapat memotivasi praktikan untuk selalu meningkatkan profesionalitas dan kompetensi sebagai seorang calon pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:38
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38737

Actions (login required)

View Item View Item