PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEORI PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Sartana, Sartana (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEORI PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sartana - 10503245002.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEORI PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh Sartana NIM 10503245002 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkahlangkah atau prosedur pengembangan modul pembelajaran teori pemesinan, dan kelayakan modul teori pemesinan serta mengetahui prestasi siswa setelah diajarkan menggunakan modul teori pemesinan terhadap siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan Jurusan Teknik Pemesinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Objek penelitian berupa pengembangan modul pembelajaran teori pemesinan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, angket dan pre tes - post tes. Untuk mengetahui prestasi siswa setelah diajarkan menggunakan modul dengan menggunakan teknik pretest-posttest control group design. Hasil penelitian meliputi proses pengembangan modul pembelajaran teori pemesinan melalui beberapa tahapan yaitu (1) identifikasi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji terbatas, (7) revisi I, (8) uji lapangan, (9) revisi II, (10) produk jadi dan dapat digunakan untuk belajar siswa SMK Muhammadiyah Prambanan Jurusan Teknik Pemesinan kelas XI. Uji kelayakan didapat data kelayakan dari ahli materi I dengan persentase kelayakan sebesar 72.5 %, dengan kategori cukup layak, ahli materi II sebesar 100 % dengan kategori layak, ahli media sebesar 80 % dengan kategori layak, uji terbatas sebesar 87.90 % dengan kategori layak dan uji lapangan sebesar 84.09 % dengan kategori layak. Modul yang sudah layak tersebut digunakan sebagai media pembelajaran. Kelas XI TPA kelas yang proses pembelajarannya menggunakan modul dan kelas XI TPB diajarkan menggunakan metode ceramah. Hasil pembelajaran mengalami peningkatan setelah diajarkan menggunakan modul berdasarkan nilai ratarata kelas pre tes dan post tes kelas XI TPA dan kelas XI TPB. Kelas XI TPA mendapat nilai rata-rata pre tes - post tes sebesar 61.08, sedangkan kelas XI TPB mendapat nilai rata-rata pre tes-post tes sebesar 19.12 jadi pengaruh modul teori pemesinan terhadap prestasi siswa sebesar 41.96. Kata kunci: modul teori pemesinan, SMK Muhammadiyah Prambanan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 10:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38736

Actions (login required)

View Item View Item