LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMKN 2 YOGYAKARTA Jl. AM. Sangaji No.47 Yogyakarta

Joko Surono, Joko Surono (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMKN 2 YOGYAKARTA Jl. AM. Sangaji No.47 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JOKO SURONO_11520244031.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jenjang S1 yang akan diraih oleh seorang mahasiswa yang bergelut dalam bidang pendidikan mewajibkan mahasiswa menempuh beberapa mata kuliah yang menerjunkan dirinya secara langsung dengan masyarakat dan segala hal yang turut mewarnainya. Sekolah merupakan salah satu wadah yang dipersiapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan daya pikir serta ilmu yang tercakup dalam bidang pendidikan. Beberapa komponen turut andil dalam kegiatan untuk memajukan kualitas pendidikan itu sendiri. Salah satunya guru. Guru merupakan salah satu tokoh yang mampu mentransfer ilmu yang dimilikinya kepada siswa-siswi dalam pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ialah salah satu mata kuliah yang membangun dan mencetak seorang mahasiswa untuk menjadi seorang pendidik (guru). Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Sedangkan untuk menjadi guru yang baik tidak hanya cukup dapat mengajar dan mendidik saja, tetapi juga peka terhadap lingkungan sekitar dimana ia berpijak. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 yang bertujuan untuk melatih sisi sosial dan kepekaan mahasiswa dalam dunia masyarakat yang sesungguhnya. Oleh karena itu sebagai calon pendidik yang baik kita tidak hanya dituntut untuk bisa mengajar dan mendidik dalam hal akademis saja namun juga dituntut memiliki personalia yang baik dalam kehidupan masyarakat sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang bernurani, mandiri, dan cendekia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: KKN, PPL, SMK Negeri 2 Yogyakarta, Guru
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:32
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38735

Actions (login required)

View Item View Item