PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBATIK SISWA KELAS XI BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Saritin, Tarigan (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBATIK SISWA KELAS XI BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Saritin Tarigan - 09513247008.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBATIK SISWA KELAS XI BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Oleh Saritin Tarigan NIM 09513247008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui hasil belajar membatik siswa kelas XI busana sebelum menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya, 2) mengetahui hasil belajar membatik siswa kelas XI busana setelah menggunakan metode tutor sebaya, dan 3) pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar membatik siswa kelas XI busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian one – group pretest – posttest design. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI busana SMK Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 128 siswa. Pengambilan sample dilakukan melalui purposive sampling yaitu teknik pengambilan data dengan pertimbangan tertentu, sample untuk kelas eksperimen yang diberi perlakuan berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Metode teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar tes pilihan ganda pretest dan posttest, lembar observasi penilaian sikap, dan penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrument dilakukan dengan validitas isi yaitu dengan meminta pertimbangan dari para ahli (judgment expert) diperiksa dan dievaluasi. Hasil lembar tes soal dan lembar penilaian unjuk kerja siswa menggunakan histogram interval frekuensi dengan rumus tally dan uji reliabilitas instrument untuk tes soal serta lembar penilaian unjuk kerja menggunakan Uji normalitas dan homogenitas data serta uji- t (t-test) dibantu dengan menggunakan SPSS 17 for Windows . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar membatik siswa kelas XI busana sebelum menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dari 32 jumlah siswa mencapai 66% hasil kognitif berupa tes dan 60% hasil psikomotor berupa penilaian unjuk kerja siswa dan hasil belajar membatik dari 32 jumlah siswa kelas XI busana setelah menggunakan metode tutor sebaya meningkat sebesar 93% pada hasil kognitif dan 96 % pada hasil unjuk kerja, sehinggga 100% dinyatakan berhasil karena hasil belajar siswa berada diatas nilai rata-rata, dari hal tersebut maka ada pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar membatik siswa kelas XI busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan sampel berjumlah 32 siswa, dengan adanya peningkatan hasil belajar kognitif dan psikomotor melalui tes dan penilaian unjuk kerja pencapaian hasil belajar pada pelajaran membatik secara keseluruhan sudah mencapai nilai ketuntasan yang telah ditetapkan sebelumnya. Kata kunci : Pengaruh, metode pembelajaran tutor sebaya dan hasil belajar membatik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 10:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38733

Actions (login required)

View Item View Item