LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA 2 Juli – 17 September 2014

FAZAR TRI DANURWINDO, FAZAR TRI DANURWINDO (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA 2 Juli – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FAZAR TRI DANUR_11505241036.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang berkompeten dan profesional. Sebagai langkah untuk mendukung dan mewujudkan tujuan tersebut maka UNY bekerjasama dengan berbagai sekolah untuk dijadikan tempat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). SMK Negeri 2 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah tempat dilaksanakannya PPL UNY. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa dilatih untuk membuat perencanaan pembelajaran dan administrasi guru serta praktik mengajar di dalam kelas. Proses mengajar dilakukan dengan cara pembelajaran terbimbing dan mandiri. Proses pembelajaran terbimbing yaitu proses pembelajaran yang didampingi oleh guru pembimbing. Sedangkan proses pembelajaran mandiri, mahasiwa melaksanakan proses pembelajaran tanpa didampingi oleh guru pembimbing. Tetapi, tidak selamanya proses pembelajaran mandiri tidak ada pendampingan dari guru pembimbing, guru pembimbing tetap memantau proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Dari hasil Praktik Pengalaman Lapangan tersebut, mahasiswa mampu mengembangkan potensinya untuk menjadi seorang pendidik atau tenaga kependidikan. Mahasiswa dapat belajar secara langsung dengan mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari dalam perkuliahan. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengembangkan kreativitasnya ketika berhadapan langsung dengan siswa di dalam kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman, PPL, Proses, SMK Negeri 2 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:14
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38724

Actions (login required)

View Item View Item