LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015 1 Juli 2014 – 17 September 2014

Fauzan Isnawan, Fauzan Isnawan (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015 1 Juli 2014 – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FAUZAN ISNAWAN_11503244011.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, yang pelaksanaannya yaitu mengajar langsung di sekolah. Kegiatan ini mempunyai visi untuk memberikan pengalaman dan kesempatan bagi para mahasiswa untuk membentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Adapun tujuan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang bagaimana mengatur jalanya proses belajar mengajar dikelas, serta menyususn strategi pembelajaran. Praktik mengajar yang dilakukan akan memberikan pengalaman sekaligus referensi kepada mahasiswa terhadap kenyataan yang ada dilapangan, terutama yang berkaitan erat dengan kondisi dan perilaku siswa, sehingga melatih mahasiswa untuk menentukan sikap dan strategi pengajaran. Pelaksanaan PPL berlokasi di SMK Negeri 2 Yogyakarta yang beralamat di jalan AM Sangaji No.47. Berdasarakan hasil observasi ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengajar yaitu materi yang akan diajarkan dan administrasi guru yang meliputi silabus, rpp, prota prosem dan lain sebagainya. Program PPL terbagi menjadi dua, yaitu praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Pelaksanaan kegiatan PPL penulis melaksanakannya secara terbimbing dan mandiri. Pelaksanaan secara terbimbing bertujuan materi yang disampaikan oleh mahasiswa tidak berbeda jauh dengan materi yang disampaikan oleh guru pembimbing. Sedangkan pelaksanaan secara mandiri bertujuan melatih mahasiswa menjadi tenaga pendidik profesional. Selama kegiatan PPL berlangsung mahasiswa mendapat ilmu serta pengalaman yang sangat berharga. Setelah melaksanakan PPL mahasiswa lebih menahami kegiatan mengajar yang sebenarnya. Pengalaman lain yang tidak kalah berharganya yaitu setiap kesulitan pasti memiliki jalan keluarnya dan permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara kerjasama. Mahasiswa juga belajar tentang pengorganisasian guru yang berada di sekolah yang bertujuan untuk memajukan anak didiknya. Setelah pelaksanaan PPL ini mahasiswa berharap hubungan baik antara SMK dengan mahasiswa dapat terjalin,serta hubungan SMK dengan UNY menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 2 Yogyakarta, Program Kegiatan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:10
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38722

Actions (login required)

View Item View Item