PERBEDAAN HASIL BELAJAR PROSES DASAR KEJURUAN MESIN (PDKM) METODE MENGAJAR DENGAN DISPLAY PAPAN MAGNET DAN MEDIA SIMULATOR FLUIDSIM-P DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Sardi, Sardi (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PROSES DASAR KEJURUAN MESIN (PDKM) METODE MENGAJAR DENGAN DISPLAY PAPAN MAGNET DAN MEDIA SIMULATOR FLUIDSIM-P DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sardi 09503241030.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PROSES DASAR KEJURUAN MESIN (PDKM) METODE MENGAJAR DENGAN DISPLAY PAPAN MAGNET DAN MEDIA SIMULATOR FLUIDSIM-P DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh Sardi NIM 09503241030 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar dari pembelajaran Proses Dasar Kejuruan Mesin (PDKM) sub materi pelajaran Pneumatik metode mengajar dengan Display Papan Magnet dan media Simulator FluidSIM-P di SMK Negeri 3 Yogyakarta kelas XI Teknik Pemesinan tahun ajaran 2013/2014, (2) Mengetahui metode mengajar yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar Proses Dasar Kejuruan Mesin (PDKM) sub materi pelajaran Pneumatik di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 122 siswa, sedangkan sampel berjumlah 63 siswa. Terdapat dua variabel bebas dalam penelitian yaitu penerapan media pendidikan Display Papan Magnet dan penerapan media pendidikan Simulator FluidSIM-P, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar mata pelajaran PDKM sub materi Pneumatik. Adapun cara untuk memperoleh skor hasil belajar dilakukan dengan memberikan tes tertulis sebanyak dua kali dengan instrumen sebanyak 54 butir soal tiap tesnya. Hasil penelitian yaitu: (1) Pengujian hipotesis dengan uji-t menghasilkan harga thitung= 6,9305 sedangkan harga ttabel= 1,9989, karena harga thitung > ttabel maka menghasilkan keputusan terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan media pendidikan Display Papan Magnet dan media pendidikan Simulator FluidSIM-P. (2) Metode mengajar yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar Proses Dasar Kejuruan Mesin (PDKM) sub materi pelajaran Pneumatik adalah Simulator FluidSIM-P. Kata kunci: Display, FluidSIM-P, Magnet, Papan, Perbedaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:13
Last Modified: 30 Jan 2019 10:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38721

Actions (login required)

View Item View Item