LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji 47 Yogyakarta

EdyMarhattaSofyan, EdyMarhattaSofyan (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji 47 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
EDY MARHATTA SOFYAN_11501244026.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan akademisnya di lapangan. Sebaliknya, mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian, mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai ilmu yang harapannya dapat menjadikan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik profesional. Guru sebagai tenaga profesional bertugas merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan bimbingan dan pelatihan, melakukan penelitian, membantu mengembangkan profesionalitasnya. (Depdiknas, 2004:8). Rangkaian kegiatan KKN-PPL UNY 2014 SMK N 2 Yogyakartatelahterlewati. Berawal dari proses panjang sejak penerjunan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Beranjak kemudianmelewati tempaan matakuliah Pembelajaran Mikro, observasi lingkungan pembelajaran, hingga praktik belajar mengajar yang sebenarnya di SMK N 2 Yogyakarta Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Dalam pelaksanaan praktik mengajar, ada beberapa hal mahasiswa praktikan persiapkan. Administrasi guru, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal evaluasi merupakan hal-hal yang menjadi urgensi dari seorang guru. Oleh karena itu, maka mahasiswa praktikan dapat mengetahui berbagaimacam hal mengenai pengelolaan pembelajaran di sekolah beserta administrasinya. Pada Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), mahasiswa praktikan mengampu 2 mata pelajaran untuk 5 kelas yaitumata pelajaran IPL (Instalasi Penerangan Listrik) dan PDE (Kerja Bangku). Mahasiswa praktikan mengajar selama 12 kali pertemuan dengan rincian 6 kali pertemuan untuk IPL dan 6 kali pertemuan untuk PDE. Setelah diadakannya evaluasi di pertemuan akhir dan dilakukan analisis daya serap siswa. Yang hasilnya tertulis pada lampiran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas, Guru, PPL, AnalisisDayaSerap
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:02
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38714

Actions (login required)

View Item View Item