LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji 47 Yogyakarta

Dayat Panuntun, Dayat Panuntun (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji 47 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DAYAT PANUNTUN_11501244023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, jurusan kependidikan yang pelaksanaannya dilakukan di lingkungan sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dikuasainya ke dalam kehidupan nyata di sekolah. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta ini dimulai pada tanggal 2 Juli 2013 sampai 17 September 2013. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan administrasi guru yang meliputi: Silabus, RPP, materi ajar, modul praktik, program semester, program tahunan, dll. Tujuan utama adalah dapat mengenali situasi dan kondisi sekolah menengah kejuruan,memperoleh pengalaman dalam mengajar di sekolah menengah kejuruan, mempelajari dan menyusun administrasi guru selama satu tahun secara baik dan benar, terampil menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), terampil melakukan proses kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan menguasai delapan ketrampilan dasar dalam proses belajar mengajar. Pada Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL), mahasiswa PPL mengampu 2 mata pelajaran untuk 1 kelas yaitu mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik (INTEL 1) dan P3LRT Pemanas (INTEL 2). Mahasiswa praktikan mengajar selama 12 kali pertemuan dengan rincian 6 kali pertemuan untuk INTEL 1 dan 6 kali pertemuan untuk INTEL 2. Setelah diadakannya evaluasi di pertemuan akhir dan dilakukan analisis daya serap siswa, hasilnya menunjukkan bahwa analisis daya serap siswa untuk mata pelajaran INTEL 1 sebesar 81,25. Hal ini menunjukan bahwa kelas yang mahasiswa praktikan ajar dapat dikatakan tuntas dalam pembelajaran, karena lebih dari 65%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas, Guru, PPL, Analisis Daya Serap
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38710

Actions (login required)

View Item View Item