Andi Giri , Prabowo (2011) PENGARUH MEDIA FLASH TERHADAP PRESTASI BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.
|
Text (Document)
THE_INFLUENCE_OF_FLASH_MEDIA_TO_THE_LEARNING_ACHIEVEMENT_OF_COMPETENCY_STANDARD_OF_USING_HAND_TOOLS_COURSE__IN_SMK_NEGERI_2_PENGASIH.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media pembelajaran dengan macromedia flash yang digunakan untuk mendukung pembelajaran Menggunakan Perkakas Tangan di SMK Negeri 2 Pengasih. Media animasi berbasis flash yang digunakan adalah media yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group design yang bertempat di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Pengasih. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes objektif dengan empat pilihan jawaban, sedangkan uji analisis yang digunakan untuk menganalisis data adalah Mann-Whitney U-Test. Media animasi berbasis flash ini berdampak positif terhadap prestasi belajar Standar Kompetensi Menggunakan Perkakas Tangan di SMK Negeri 2 Pengasih. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai dari kelas eksperimen yang mendapatkan treatment menggunakan media flash lebih tinggi dari kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran secara konvensional. Nilai rata-rata posttest yang didapatkan oleh kelas eksperimen adalah 8,23 dan nilai rata-rata dari kelas kontrol sebesar 7,59. Dari hasil analisis uji hipotesis yang dilakukan, terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan media flash dan siswa yang tidak menggunakan media flash pada pembelajaran Menggunakan Perkakas Tangan di SMK Negeri 2 Pengasih.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 05:50 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3871 |
Actions (login required)
View Item |