Evaluasi Manajemen Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di SMK Negeri 1 Gombong

Burus, Burus (2011) Evaluasi Manajemen Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di SMK Negeri 1 Gombong. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-burus-09703254014.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat keefektifan manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian; (2) tingkat efisiensi manajemen; dan (3) kualitas pelayanan panitia pada program penerimaan peserta didik baru di SMK Negeri 1 Gombong tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi. Populasi penelitian adalah semua panitia penerimaan peserta didik baru berjumlah 78 orang, dan semua pendaftar calon peserta didik baru sejumlah 837 orang. Responden adalah semua panitia sejumlah 78 orang dan semua siswa kelas X sejumlah 360 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, pedoman wawancara dan dokumen. Uji validitas instrumen menggunakan analisis item dengan Pearson Correlation. Hasil uji validitas instrumen menunjukkan bahwa: (1) Instrumen untuk mengukur variabel 1, sejumlah 20 item pernyataan semua dinyatakan valid, (2) Instrumen untuk mengukur variabel 2, sejumlah 14 item pernyataan semua dinyatakan valid, dan (3) Instrumen untuk mengukur variabel 3, sejumlah 28 item, 4 item dinyatakan tidak valid. Pengujian reliabilitas instrumen dilakukan dengan internal consistency, dan dianalisis dengan Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas instrumen menunjukkan bahwa semua butir instrumen dinyatakan reliabel. Analisis validitas dan relibilitas instrumen dilakukan menggunakan komputer program SPSS 17 for windows. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keefektifan manajemen program penerimaan peserta didik baru di SMK Negeri 1 Gombong termasuk kategori amat baik, dengan tingkat keefektifan sebesar 86.19% dari keefektifan yang diharapkan, meliputi keefektifan perencanaan sebesar 91.67%, keefektifan pengorganisasian sebesar 86.43%, keefektifan kepemimpinan sebesar 84.72%, dan keefektifan pengendalian sebesar 82.53%; (2) efisiensi program penerimaan peserta didik baru di SMK Negeri 1 Gombong termasuk kategori amat baik, dengan tingkat efisiensi sebesar 87.32% dari efisiensi yang diharapkan, dan (3) kualitas pelayanan panitia terhadap para pendaftar calon peserta didik baru di SMK Negeri 1 Gombong termasuk kategori baik, dengan tingkat kualitas pelayanan sebesar 76.44% dari kualitas pelayanan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, manajemen sistem penerimaan peserta didik baru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:41
Last Modified: 04 Aug 2016 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38702

Actions (login required)

View Item View Item