UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R SISWA KELAS IV SD N KATONGAN I NGLIPAR GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Nadzifah, Wening (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R SISWA KELAS IV SD N KATONGAN I NGLIPAR GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Wening Nadzifah.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1) bagaimana peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R, 2) bagaimana peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R, 2) meningkatkan hasil keterampilan membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas IV SD N Katongan I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Katongan I yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi, dengan instrumen berupa soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ditunjukkan dengan siswa lebih aktif dan antusias mengikuti proses pembelajaran membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R. Peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa, pada pratindakan nilai rata-rata sebesar 61,11, siklus I sebesar 68,36, dan siklus II sebesar 77,33. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai indikator keberhasilan pada pratindakan sebesar 16,67%, akhir siklus I sebesar 55,56%, dan akhir siklus II sebesar 100%. Kata kunci : Metode SQ3R, Keterampilan Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:39
Last Modified: 30 Jan 2019 10:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38701

Actions (login required)

View Item View Item