LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji No. 47 YogyakartaLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji No. 47 Yogyakarta

Amrizal abrar, Amrizal abrar (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji No. 47 YogyakartaLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji No. 47 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AMRIZAL ABRAR_11505241020.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang dilaksanakan secara terpadu mulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan tanggal 17 September 2014 yang memiliki tujuan guna memperoleh pengalaman sewaktu berada di lapangan tempat praktik sebenarnya. Dengan adanya praktik tersebut, maka mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dari pembekalan teori dari bangku perkuliahan sehingga dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai bahan atau bekal dalam melaksanakan praktik di lapangan. PPL ini merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa khususnya praktikan yang mengambil program kependidikan. Oleh karena itu program PPL dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan serta lingkungan yang berada di sekitarnya. Program kegiatan PPL ini memiliki sasaran yaitu masyarakat yang pada lingkup dunia kependidikan yang berada di sekolahsekolah atau lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Praktikan pada kegiatan PPL Terpadu ini mendapatkan tempat di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Kegiatan PPL ini memiliki tujuan untuk pelaksanaan program individu serta guna mendapatkan suatu pengalaman mengenai proses pembelajaran dan metode pembelajaran, serta proses kegiatan yang berkaitan erat dalam dunia kependidikan guna dijadikan sebagai suatu bekal untuk menjadi seorang calon tenaga kependidikan atau guru yang dapat memiliki nilai, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan keprofesionalan yang cukup tinggi. Sebelum pelaksanaan program kegiatan PPL dilakukan persiapan terlebih dahulu dengan praktik pembelajaran “Micro Teaching” di bangku perkuliahan. Sedangkan sebelum pelaksanaan program PPL terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi ke lapangan yaitu sekolah atau lembaga-lembaga kependidikan yang bersangkutan. Hasil Observasi tersebut kemudian dijadikan sebagai pedoman dalam pembuatan program kerja. Kegiatan PPL yang dilakukan oleh praktikan yaitu praktik mengajar kelas X TGB 1, X TGB 2, X TGB 3, XI TSP, XI TGB 1 dan XI TGB 2 mata pelajaran Gambar Teknik dan Mekanika Teknik, yang dijadikan sebagai bekal guna persiapan menghadapi dunia kependidikan di sekolah sebagai seorang guru atau tenaga kependidikan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014 dengan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek. Para mahasiswa PPL 2014 khususnya praktikan memperoleh banyak manfaat, pengalaman, dan bekal yang dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau pedoman ketika nanti kelak sudah benar-benar terjun dalam lingkup dunia kependidikan. Dengan adanya pengalaman mengajar merupakan salah satu bentuk kemampuan dan ketrampilan dalam menyampaikan kejelasan materi pembelajaran maupun menyampaikan argumentasi di depan umum sehingga sangat bermanfaat dan berguna sekali sebagai pelengkap teori-teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan. Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah dan mahasiswa khususnya praktikan guna pengembangan kompetensi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38700

Actions (login required)

View Item View Item