Pemberdayaan Madrasah Berbasis Modal Sosial di Lembaga Pendidikan Ma’arif Ponorogo Jawa Timur.

Choiri, Moh. Miftachul (2016) Pemberdayaan Madrasah Berbasis Modal Sosial di Lembaga Pendidikan Ma’arif Ponorogo Jawa Timur. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-moh-miftachul choiri-08703261020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam disertasi ini adalah: 1) memaparkan proses pemberdayaan yang terjadi di madrasah di lingkungan LP Ma’arif Ponorogo Jawa Timur 2) menggali berbagai modal sosial yang dimanfaatkan madrasah di lingkungan LP Ma’arif Ponorogo Jawa Timur dalam kegiatan pemberdayaan; 3) menjelaskan kontribusi modal sosial dalam kegiatan pemberdayaan madrasah di lingkungan LP Ma’arif Ponorogo Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan: Tahap pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui catatan etnografi direduksi dengan cara melakukan analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen dan menemukan tema budaya menggunakan model analisa Spradley. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kegiatan pemberdayaan madrasah di lingkungan LP Ma’arif Ponorogo dilihat dari prosesnya dapat dibedakan menjadi tiga tahapan; a) Pembentukan kesadaran; b) Pengkapasitasan dan c) Kegiatan pendayaan; Adapun cakupan pemberdayaan meliputi lima pilar pemberdayaan, antara lain; a) Menjadikan madrasah sebagai pilihan nyata keluarga; b) Pemberdayaan madrasah dengan empat kebebasan meliputi pengendalian anggaran, penataan pegawai, pengaturan kurikulum dan pengaturan jadwal pembelajaran; c) Kepemimpinan kepala madrasah yag efektif; d) Sistem pertanggungjawaban kegiatan; dan e) Penentuan biaya pendidikan di lingkungan madrasah. 2) Terdapat modal sosial yang beragam pada madrasah yang ada di lingkungan LP Ma’arif Ponorogo, modal sosial yang ada di madrasah tersebut antar lain; a) Nilai atau norma, seperti; nilai keikhlasan, menghormati kepada ulama yang jadi role models (keteladanan) di madrasah, amanah (dapat dipercaya), inovatif dengan prinsip menjaga tradisi yang lama yang baik dan mengembangkan budaya baru yang lebih baik; b) Jaringan sosial yang dimiliki madrasah di lingkungan LP Ma’arif Ponorogo turut mempengaruhi mutu pendidikannya; c) Kepercayaan (trust) masyarakat pengguna layanan jasa pendidikan madrasah di lingkungan LP Ma’arif Ponorogo diwujudkan melalui pengelolaan madrasah yang akuntabel. 3. Kontribusi modal sosial dalam pemberdayaan madrasah di lingkungan LP Ma’arif Ponorogo memberikan pengaruh terhadap kegiatan pembentukan kesadaran dan pengkapasitasan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, modal sosial, madrasah, LP Ma’arif
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:19
Last Modified: 28 May 2021 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38689

Actions (login required)

View Item View Item