LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Ryan Hananta, Ryan Hananta (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan lengkap.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik kependidikan atau nonkependidikan. Tujuannya agar siap menjadi tenaga profesional dalam bidang keahliannya. Program PPL yang merupakan usaha dalam meningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran. Dimana mata kuliah PPL di dalam rangkaian program KKN-PPL mempunyai program yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL yang pelaksanaannya terpadu dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Tuntutan peningkatan penyelenggaraan program PPL dalam KKNPPL secara terpadu mengandung konsekuensi pada pengelolaan dan manajemen yang profesional, sehingga dapat diciptakan sistem yang efektif dan efisien. Visi dari program PPL ini adalah menjadi institusi terkemuka dalam pelayanan PPL dan PKL untuk mencetak tenaga kependidikan dan non kependidikan yang profesional berwawasan global. Sedangkan misi dari program PPL adalah penyiapan yang menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi wajib bagi seorang guru. Serta untuk mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik keguruan atau kependidikan. Lokasi PPL adalah sekolah atau lembaga pendidikan yang berada di wilayah provinsi DIY dan sekitarnya. Sekolah yang dijadikan sebagai lokasi PPL meliputi SD, SLB, SMP, MTs, SMA, SMK dan MAN. Lembaga pendidikan yang digunakan sebagai lokasi PPL mencakup lembaga pengelola pendidikan seperti Dinas Pendidikan, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) milik kedinasan, klub cabang olahraga, balai diklat di masyarakat, atau instansi swasta. Sekolah atau lembaga pendidikan yang digunakan sebagai lokasi PPL dipilih berdasarkan pertimbangan kesesuaian antara mata pelajaran atau materi kegiatan yang dipraktikan di sekolah atau lembaga pendidikan dengan program studi mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:11
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38687

Actions (login required)

View Item View Item