EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TENTANG OKSIDASI REDUKSI DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO TAHUN AJARAN 2007/2008

Nur Ainy , , Farida (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TENTANG OKSIDASI REDUKSI DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO TAHUN AJARAN 2007/2008. S1 thesis, UNY.

[img] Text
EFEKTIVITAS_PENERAPAN_METODE_PEMBELAJARAN.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe .Iigscnv terhadap peningkatan kualitas pembelajaran kimia di SMA dilihat dari aspek: (1) Peningkatan prestasi belajar kimia siswa jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik, dan (2) Peningkatan motivasi belajar siswa untuk belajar kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 2 SMA Muhammadiyah Wonosobo, yang berjumlah 342 siswa dan terbagi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian sebanyak 78 siswa, terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen (A 1) dan kelas kontrol (A2) yang diambil secara purposive cluster sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia siswa, dan data prestasi belajar kimia siswa yang dianalisis dengan analisis kovarian dan data motivasi belajar kimia siswa yang dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis Anakova diperoleh FO , = 17,111 dan p = 0,000. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah bervariasi, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik. Sedangkan analisis uji t diperoleh t„ = 3,364, dan p = 0,002. Hal Ini berarti ada perbedaan yang signitikan pada motivasi belajar kimia sesudah proses pembelajaran antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah bervariasi. Dengan demikian, metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif digunakan dalam peningkatan prestasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:51
Last Modified: 29 Jan 2019 15:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3868

Actions (login required)

View Item View Item