HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

SAPTO, WIDODO (2016) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SAPTO WIDODO - 10504245003.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh: SAPTO WIDODO NIM 10504245003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hubungan antara kedisiplinan belajar dengan kesiapan mental kerja siswa, 2) Hubungan antara motivasi berprestasi dengan kesiapan mental kerja siswa, 3) Hubungan antara kedisiplinan belajar dan motivasi berprestasi dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian regresi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 258 siswa yang dipakai untuk uji coba instrumen sebanyak 30 siswa dan 155 siswa dipakai untuk pengambilan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Crobach diolah dengan program Microsoft Excel 2007. Uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dengan rumus Chi kuadrad, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji regresi sederhana, sedangkan uji hipotesis ketiga menggunakan uji regresi ganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 20. Hasil penelitian: 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Prambanan dalam kategori sedang dengan nilai koefisien korelasi 0,534 dan koefisien determinasi kedisiplinan belajar sebesar 0,286. Hal ini berarti kesiapan mental kerja siswa 28,6% ditentukan oleh tingkat kedisiplinan belajar siswa. 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Prambanan dalam kategori sedang dengan nilai koefisien korelasi 0,558 dan koefisien determinasi motivasi berprestasi sebesar 0,311. Hal ini berarti kesiapan mental kerja siswa 31,1% ditentukan oleh tingkat motivasi berprestasi siswa. 3) Terdapat hubungan positif serta signifikan antara kedisiplinan belajar dan motivasi berprestasi dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Prambanan dalam kategori kuat dengan nilai koefisien korelasi 0,637. Dengan demikian jika semakin tinggi kedisiplinan belajar dan motivasi berprestasi yang dimiliki siswa, maka kesiapan mental kerja siswa juga semakin tinggi. Berdasarkan persamaan regresi ganda linier untuk dua prediktor adalah: Y = 5,064 + 0,349.X1 + 0,427.X2 maka jika kedisiplinan belajar ditingkatkan sehingga mendapat nilai 10 dan juga tingkat motivasi berprestasi sampai mendapat nilai 10, maka kesiapan mental kerja siswa adalah 12, 824. Kata kunci: kedisiplinan, motivasi berprestasi dan kesiapan mental kerja siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Aug 2016 12:40
Last Modified: 30 Jan 2019 10:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38676

Actions (login required)

View Item View Item