Peran Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Sidrap

Surahman, Edy (2016) Peran Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Sidrap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-edy-surachman-14705251005.swf

Download (92MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui peran guru mata pelajaran IPS sebagai pendidik dan pengajar di SMP Negeri 1 Pangkajene Sidrap; (2) mengetahui sikap sosial siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Sidrap; (3) mengetahui tanggung jawab sosial siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Sidrap; (4) mengetahui pengaruh peran guru mata pelajaran IPS sebagai pendidik dan pengajar terhadap sikap sosial siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Sidrap; dan (5) mengetahui pengaruh peran guru mata pelajaran IPS sebagai pendidik dan pengajar terhadap tanggung jawab sosial siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Sidrap. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kausalitas dengan metode kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Pangkajene Sidrap, dengan objek penelitian peran guru, sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) sumbangan peran guru mata pelajaran IPS sebagai pendidik dan pengajar sebesar 62,7%; (2) sumbangan sikap sosial siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Sidrap sebesar 67,1%; (3) sumbangan tanggung jawab sosial siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Sidrap sebesar 62,7%; (4) peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan sikap sosial siswa; (5) peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar juga terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan tanggung jawab sosial siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dapat mempengaruhi sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa dengan cara guru memberikan contoh langsung dan spontan pada siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peran guru, sikap sosial, tanggung jawab sosial, guru IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:28
Last Modified: 09 May 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38675

Actions (login required)

View Item View Item